Anak Senang Lagu Dewasa

Posted by FikryFauzi

on Mar 5, 2012

Malam lagi agan semua :)
Agan pasti tau kan, sekarang udah masuk ke jaman edan -_-
Jaman yang orang - orangnya udah hampir gapeduli sama orang lain, cuma segelintir orang yang peduli. Miris memang. Sekarang aja anak - anak kecil udah pada tau lagu dewasa -_- lagu yang sebenarnya belum pantas didengarkan anak - anak. Kenapa belum pantas? Karena, jiwa anak masih belum siap buat tau tentang hal - hal yang dewasa. Bayangin aja, masa anak - anak nyanyiin lagu "Hamil Duluan" atau sebagainya. Bisa ngerti kan? Gimana negara mau maju kalo generasi mudanya aja udah masuk ke fase yang sebenarnya belum boleh dimasukin.
Kalo menurut ane, hal yang seperti ini kejadian soalnya produser musik sekarang udah jarang yang mau bikin lagu anak. Kayanya seperti hal yang tabu buat mereka. Hal yang gapenting, karena anak - anak gakan banyak ngasilin duit -_-
Makanya sekarang anak - anak malah nyayiin lagu yang ga mereka mengerti atau malah yang bakalan ngejerumusin mereka ke pergaulan yang ga semestinya.
Kalo menurut:
"Dra Tiwin Herman MPsi dari PT Psiko Utama, lagu anak-anak adalah lagu yang lirik dan musiknya menggambarkan dunia anak, dekat dengan hal-hal yang menggembirakan, permainan, serta hal-hal bersifat mendidik. Melalui lagu, anak diajak untuk belajar, dari mengenali organ tubuh, huruf, angka, hingga kekayaan alam serta budi pekerti. Hal ini selaras dengan perkembangan kognitif dan psikologis anak."
Tuhkan, kalo dibiarin anak - anak bakalan mengalami yang namanya "Percepatan Dunia Dewasa" yang kalo dibiarkan terus bakalan merusak perkembangan anak. Kalo kata peribahasa "Matang Sebelum Masanya" bisa dipakai disini, yaitu untuk menggambarkan kondisi anak terpaksa tahu walau sebetulnya ia belum berhak tahu.
Kalo menurut ane, orang tua sekarang harus bener - bener aktif buat ngejaga supaya anak - anaknya tidak mengalami apa yang ane tadi bilang. Ajari anak tentang lagu - lagu yang pas buat masanya misalnya Balonku ada Lima, atau semacamnya.
Kalo yang mau solusinya ane kasih aja
1. Ajari anak agan untuk cinta lagu-lagu daerah dan wajib nasional ketimbang lagu-lagu orang dewasa yang menjurus ke "percintaan".
2. Berikan tontonan yang baik bagi anak agan.
3. Jika agan sama anak agan lagi pergi ke toko buku, perlihatkan anak agan sebuah buku tentang lagu-lagu wajib, daerah, dan anak-anak.

Sekian, artikel yang amburadul ini, kalo ada yang salah mohon diampuni.
Semoga bermanfaat :)


Baca Juga yang Lain :)

{ 1 comments... read them below or add one }

Boby Aoliya said...

betul juga kang, si akang kritis nih, wkkwkwk :D

Post a Comment